Penghematan Listrik

Salam P&GA .....
Dewasa ini dengan semakin majunya zaman, maka kebutuhan akan listrik pun semakin meningkat, di Indonesia sendiri penghasil energi masih menggunakan energi fosil seperti solar untuk menjalankan pembangkit energi listrik yang kita gunakan. Sehingga lambat laun, cadangan sumber energi yang ada pasti akan semakin menipis. Dengan di keluarkannya SKB empat menteri dan adanya pengalihan hari kerja untuk kalangan industri menjadi sabtu dan minggu serta pembatasan jam operasional tempat perbelanjaan (Mall) dan tayangan untuk televisi adalah suatu keseriusan pemerintah yang tanpa dukungan dari masyarakat tidak akan berjalan dengan baik. Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjembatani upaya penghematan

BEBERAPA TIPS :
Untuk Penghematan Listrik :
1. Lampu penerangan.
Matikan lampu bila tidak dibutuhkan. Jika dalam ruangan tersebut tidak banyak karyawan yang bekerja, kurangi pemakaian lampu (hanya beberapa saja yang menyala).
2. Lemari Es (Kulkas).
Makanan dan minuman yang masih hangat jangan langsung dimasukkan ke dalam lemari es, pintu kulkas harus ditutup rapat dan hanya dibuka seperlunya dan semakin cepat ditutup kembali semakin baik, dan kulkas agar diisi secukupnya agar peredaran udara dingin tidak terlambat.
3. Pendingin Ruangan (AC) & AC Central
AC Casette dan Split sama halnya dengan kulkas, semakin rendah suhu ruangan semakin banyak Kwh listrik digunakan. Karena itu untuk AC penghematan dapat dilakukan dengan mematikan AC bila ruangan akan ditinggalkan, dan atur suhu ruangan sesuai dengan keperluan dan tidak terlalu dingin dan panas. (Temperatur AC sebaiknya digunakan antara 200C – 240C pada posisi Low). Jika karyawan hanya beberapa orang yang bekerja sebaiknya AC dinyalakan secukupnya saja.
4. Komputer dan Printer
Jangan lupa mematikan komputer/printer jika tidak dipergunakan lagi. Matikan komputer dan
printer anda jika akan bepergian/meeting lebih dari satu jam. Cabutlah suplai listriknya jika Anda tidak lagi menggunakan komputer dan printer di ruangan kerja anda.
5. Mesin Penghancur kertas
Bila tidak dipergunakan sebaiknya dicabut power listriknya.
6. Peralatan Pantry (Microwave, Termos listrik, Cerek listrik, dll).
Matikan peralatan dapur jika tidak dipergunakan lagi. Jika hari libur selain kulkas segera cabut
listriknya.
7. Dispenser.
Jika hari libur matikan/cabut power listrik ke dispenser.

Untuk Penghematan Telepon;
Dapat menggunakan password pada masing-masing extention

Untuk Penghematan Kendaraan Operasional;
- Pemakaian kendaraan operasional harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan
- Penggantian Unit lama dengan unit baru (dikarenakan faktor biaya service yang lebih mahal) untuk unit lama)
by : Yus

0 comments:

Post a Comment