6 Tips Meningkatkan Kinerja

Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan kinerja Anda (maupun organisasi). Tidak dipungkiri lagi bahwa komunikasi dan kesamaan pemahaman antara Karyawan dan Atasan merupakan hal yang penting. Tips ini dapat digunakan sejalan dengan siklus Performance Management, yakni Planning—perencanaan kinerja; Review—monitoring kinerja; dan Appraisal—penilaian kinerja, sebagai berikut:
  1. Ketahui misi/ tujuan dan target tim/ organisasi Anda. Kejelasan misi dan target tim/ organisasi akan memudahkan Anda untuk melihat dan menyelaraskan peran & kontribusi Anda dalam mencapai tujuan yang lebih luas.
  2. Buatlah standar kinerja formal. Pastikan Anda beserta Atasan paham dan sepakat dengan setiap KPI (key performance indocator) maupun target Anda, serta bagaimana nanti Anda akan dinilai di akhir tahun. Dalam menentukan target, pastikan target Anda SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic & Time bounded) sehingga menginspirasi Anda untuk mencapainya.
  3. Ketahui sumber data yang akan diperlukan. Lihatlah apakah data pendukung kinerja nantinya akan diperoleh melalui data dalam sistem komputer, laporan tertentu di lapangan, atau sumber-sumber lainnya.
  4. Catat dan komunikasikan setiap kemajuan pencapaian target Anda. Jangan menunggu untuk mencatatan seluruh pencapaian sampai di akhir tahun. Senantiasa catat setiap kemajuan pencapaian Anda berdasar data yang akurat dari sumber yang jelas. Berikan update berkala pada Atasan/ tim Anda.
  5. Bersikaplah pro-aktif dan terus belajar. Sediakan waktu anda, walau sedikit, untuk melakukan coaching/ mentoring dengan Atasan (atau bawahan), perkaya diri Anda dengan berbagai pengetahuan baru, baik yang bersifat teknis/ operasional, administratif, maupun managerial. Dalam berkarya, optimalkan kekuatan Anda, namun tetap melakukan instropeksi atas berbagai kelemahan yang ada pada diri sendiri.
  6. Komunikasi Hasil Review Kinerja Tengah Tahun dan Penilaian Kinerja Akhir Tahun. Mintalah waktu untuk mendiskusikan hasil review/ penilaian kinerja Anda melalui tatap muka langsung dengan Atasan. Mintalah masukan/ saran atas kinerja Anda untuk memperbaiki kinerja Anda yang di masa yang akan datang.

by : Yustin Kurnia

0 comments:

Post a Comment