Menjadi Orang Yang Dapat Diandalkan

Didalam dunia kerja kita selalu dituntut untuk menjadi orang yang dapat diandalkan. Hal ini diartikan sebagai kepercayaan yang diberikan atasan dan kemampuan dalam menjalankan tugas. Orang yang dapat diandalkan juga dapat berarti sebagai orang yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik tanpa diawasi akan menghasilkan hasil yang baik juga.

Berikut ini adalah Tips agar menjadi karyawan yang dapat diandalkan :
1. Aktif
Orang yang dapat diandalkan harus selalu aktif, baik bertanya maupun bertindak karena atasan sudah memberikan kepercayaan kepadanya. Bertanyalah bila belum paham mengenai pekerjaan yang akan dilakukan agar tercipta hasil yang sesuai dengan harapan .
2. Sukarela
Jalankan setiap perintah atasan dengan kemauan penuh dan sukarela. Sukarela bukan berarti kepatuhan secara membuta sehingga apapun harus dilakukan, yang penting adalah mengkomunikasikan terhadap atasan apa yang harus di dengar, bukan apa yang harus di dengarkan olehnya. Laksanakan setiap tugas dengan sukarela dan cintailah pekerjaan anda
3.Cerdik
Bila ingin sukses dalam bekerja, bekerjalah dengan cerdik. Cerdik bukan berarti melakukan memanipulasi data atau tidak berdasarkan fakta agar pekerjaan dianggap bagus. Cerdik artinya jika ada tugas dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan benar berdasarkan norma-norma yang ada tanpa harus melanggar aturan yang ada.
4.Seketika
Seketika artinya dapat secara langsung mencari solusi terhadap masalah dengan cepat dan benar. Seperti motto di pegadaian "Mengatasi masalah tanpa masalah". Untuk menjadi orang yang dapat diandalkan harus didukung dengan kualitas pribadi yang baik.
5. Disiplin
Disiplin lah dalam waktu. Disiplin artinya taat pada aturan dan rela berkorban. Disiplin dalam waktu adalah cara seseorang dalam membagi waktu sebaik mungkin sesuai dengan norma yang ada sehingga waktu tidak terbuang sia-sia.

Disamping 5 tips diatas, harus juga ditambah dengan :
  • Setiap ada kesalahan pribadi, akuilah dengan terbuka karena tidak ada seorangpun yang sempurna.
  • Akuilah setiap kesalahan segeralah perbaiki dan mintalah maaf atas kesalahan yang anda lakukan.
  • Tugas yang diberikan kepada anda, berarti suatu kepercayaan atasan kepada anda, maka jangan hancurkan kepercayaaan itu dengan bekerja secara ceroboh.
  • Kerjakan hal-hal yang bersifat sepele/kecil tanpa ditunda-tunda apalagi meremehkan, karena tugas kalau tidak selesaiakan akan terus menumpuk.

Untuk menjadi orang yang dapat diandalkan, juga dituntut adanya kemampuan dalam berkomunikasi dengan orang lain secara baik, pengembangan diri secara terus menerus dan memiliki sikap positif dalam menjalankan tugas yang ada.
Salam sukses !!!!

By : Novi Hermansyah

0 comments:

Post a Comment