Cara Meningkatkan Pengamanan di Lokasi Perusahaan

Tingkatkan pengamanan lokasi perusahaan dengan:
  1. Mengefekifkan tenaga Satpam yang ada dengan melakukan pengawasan terhadap
    pelaksanaan SOP Pengamanan Lokasi Perusahaan oleh Pimpinan Bisnis Unit atau oleh P&GA Bisnis Unit.
  2. Punishment dan Reward kepada Satpam dilakukan sesuai peraturan yang berlaku.3. Perlengkapan pokok Satpam harus diperhatikan (seragam Satpam untuk kewibawaan, peluit, senter untuk tugas malam, jumlah yang memadai, dll)

Tingkatkan upaya pengamanan lingkungan BU dengan :

1. Meningkatkan pembinaan hubungan baik dengan masyarakat yang bertujuan agar masyarakat dapat menerima kehadiran perusahaan di lingkungan hidupnya, dengan berpedoman kepada Petunjuk Pelaksanaan Hubungan dengan Masyarakat lingkungan antara lain:

  • Melakukan kunjungan silaturahmi oleh karyawan perusahaan kepada tokoh masyarakat yang berpengaruh terhadap keamanan perusahaan
  • Melakukan anjang sana oleh pimpinan perusahaan terhadap tokoh mayarakat, pejabat aparat keamanan, dan pejabat aparat Desa/Lurah.
  • Untuk keperluan silaturahmi dan anjangsana ini diperlukan dukungan dana dari perusahaan untuk pengadaan sarana kontak (barang yang akan dibawa oleh karyawan atau pejabat Bisnis Unit sebagai sarana untuk bisa kontak/berkomunikasi dengan tokoh masyarakat atau pejabat yang dihubungi).

2. Tingkatkan upaya pemberdayaan masyarakat disekeliling perusahaan dengan tujuan agar masyarakat merasa mendapat manfaat dari kehadiran perusahaan di lingkungan hidupnya antara lain dengan cara:

  • Memberikan prioritas kepada masyarakat sekitar Bisnis Unit untuk bekerja di Bisnis Unit bila ada penambahan tenaga kerja di Bisnis Unit tersebut.
  • Memberikan prioritas kepada masyarakat lingkungan sekitar Bisnis Unit untuk mengelola limbah perusahaan sehingga masyarakat akan memperoleh keuntungan dari kegiatan tersebut.
  • Memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat pada saat masyarakat membutuhkan (pada acara acara keagamaan, acara masyarakat lainnya, pada hari raya dll).
  • Secara konsisten Bisnis Unit memperbaiki jalan masuk ke perusahaan yang dipergunakan oleh perusahaan untuk mengangkut pakan ayam dan barang lainnya agar masyarakat tidak merasa dirugikan karena kerusakan jalan tersebut.

by : Bambang Pangestoe

0 comments:

Post a Comment